Mana Lebih Baik, Kamera Murah Lensa Mahal Atau Sebaliknya?

Selama ini web hargacom.com banyak kunjungan oleh pembaca yang ingin mencari panduan untuk membeli kamera dan lensa. Dari kolom komentar sudah banyak yang bertanya soal kamera apa, bandingkan beberapa kamera sampai mendapat persetujuan. Tidak ada yang mau membantu saya menjawab pertanyaan yang masuk itu bisa soal masih banyak yang menjawab pertanyaan memilih kamera.

Jika Anda memiliki kamera pemula dengan yang berkualitas tinggi, coba kamera digital dengan yang berkualitas tinggi, mana yang lebih baik? Jawabnya adalah lensa yang mahal tetapi kamera murah.

Memang benar ada yang berargumentasi hal tersebut karena kebutuhan. Namun, sebelum kita membahas hal tersebut, mari kita bahas sedikit tentang kebutuhan kamera dan lensa.

Di era digital yang semakin canggih termasuk fotografi digital, kamera juga memiliki peran penting dalam menentukan kualitas gambar. Dengan teknologi fitur kamera seperti sensor, kontrol warna pada prosesor, kontras (rentang dinamis), dan noise di ISO tinggi. Semakin banyak kamera yang bagus, semakin banyak kamera yang semakin cepat dalam hal dioperasikan dan autofokus.

Sementara itu, Anda dapat menggunakan fungsi aperture, ketajaman, bokeh (detail gambar yang tidak fokus), detail halus yang bisa ditangkap, kekuatan flare pada layar saat menghadap sumber cahaya langsung. warna, distori, chromatic abberation (CA), dan vinyet.

Jenis fotografi juga mempengaruhi hasil pada kualitas gambar, seperti memotret dengan cahaya yang terkontrol seperti di dalam studio, atau cahaya yang cukup, kamera pemula dengan cukup dasar untuk kualitas hasil gambar. Sementara memotret dengan pencahayaan yang kontras, gelap, atau ingin memotret dengan cepat, maka kamera dasar tidak cocok untuk hal ini.

Perlu diperhatikan, kamera dan lensa sama-sama penting, tetapi jika ingin memilih, saya pilih menggunakan yang bagus. Jika dari aspek ekonomi, harga kamera dari waktu ke waktu akan menurun, lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang harus dibayar, bahkan mungkin bisa didapat dari kenaikan dan kurs.

Sekedar info, lensa kamera ditentukan oleh beberapa hal, yaitu :

  • Fokus panjang

Semakin pendek fokus maka semakin lebar harapan yang diperoleh. Sementara itu, semakin tinggi fokusnya, maka semakin tinggi sudut pandangnya, semakin tinggi perbesaran objek yang terekam, atau yang biasa disebut dengan lensa zoom.

  • Tentukan lensa dan lensa zoom

Memperbesar lebih kecil dari lensa zoom dan akan menghasilkan efek blur yang lebih baik.

  • Lensa cepat

Lensa Cepat ini sangat baik digunakan dalam kondisi yang kurang pencahayaan tanpa harus mempercepat rana dan juga menaikkan ISO, sehingga hasil pastinya akan lebih baik. Contohnya saja, memotret seorang penari.

  • Memperbaiki & Apertur Variabel

Lensa yang dibuat dengan aperture fix lebih mahal dibandingkan yang dibuat dengan variabel aperture.

Demikian sedikit yang dapat saya sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga Bermanfaat untuk Anda semua.