Harga Tambal Gigi Depan, Geraham, Dll di Dokter Gigi dan Puskesmas

Harga Tambal Gigi Permanen – Dalam urusan gigi tidak hanya menyangkut soal kecantikan ataupun ketampanan seseorang, akan tetapi juga menyangkut kesehatan mulut kita. Mempunyai gigi yang bersih putih dan rapi sudah pasti akan menambah tingkat kepercayaan diri seseorang. Itulah sebabnya mengapa perawatan gigi di dokter gigi relatif malah.

Seiring dengan bertambahnya usia, gigi di dalam mulut kita lama kelamaan juga akan mengalami proses pengapuran. Hal itulah yang mengakibatkan gigi kita menjadi berlubang dan akan terasa begitu menyakitkan saat digunakan untuk mengunyah makanan. Bahkan tanpa aktivitas mengunyah  pun gigi yang telah berlubang akan menyebabkan kita merasa kesakitan.

Gigi yang berlubang dapat disebabkan oleh banyak hal seperti mengonsumsi makan dan minuman yang banyak mengandung gula ataupun cuka serta dapat juga karena kebiasaan buruk anda yang malas untuk menyikat gigi sebelum tidur. Apabila gigi anda berlubang, maka sudah tidak ada pilihan lagi selain dicabut dan ditambal. Akan tetapi tidak semua dokter akan menyarankan gigi untuk dicabut,  apalagi jika gigi anda tersebut masih mempunyai akar yang baik. Oleh karena itu mayoritas dokter gigi akan menyarankan gigi anda untuk ditambal jika gigi anda berlubang.

Tambalan gigi sendiri juga memiliki banyak jenis, diantaranya ada jenis tambalan yang sementara sebelum gigi anda akan ditambal secara permanen. Tambalan yang sementara ini biasanya dibutuhkan untuk anda yang membutuhkan perawatan akar atau harus menunggu kondisi yang sehat sebelum akan dilakukan penambalan gigi secara permanen. Bahan tambalan yang sementara ini berasal dari zinc phosphat dan lebih mudah jika dibongkar.

Harganya sekitar Rp 80.000 sampai Rp 100.000 per gigi.Lalu ada tambalan gigi jenis amalgam yang selama ini sudah biasa digunakan untuk menambal gigi belakang atau geraham karena tambalan jenis ini sangat kuat dan awet. Bahannya berasal dari logam merkuri cair dan bubuk logam yang berisi peral, timah dan tembaga. Harganya sekitar Rp 150.000 sampai Rp 200.00 per gigi.

Kemudian bagi anda yang giginya berlubang di bagian depan biasnya akan ditambal menggunakan laser atau resin komposit. Bahannya terbuat  dari polimer dan partikel anorganik yang diperkuat dengan sinar UV. Tambalan gigi jenis ini memiliki warna yang sangat menyerupai gigi anda. Sayangnya jika anda kurang perawatan , maka tambalan gigi jenis resin komposit ini akan mudah berubah warna.

Kisaran Biaya Tambal Gigi 2019

Jenis Tambal Gigi Biaya Tambal per Gigi
Di dokter gigi
Tambalan sementara Rp80.000 – Rp100.000
Amalgam Rp150.000 – Rp200.000
Resin komposit/laser Rp300.000 – Rp500.000
Glass lonomer Cement (GIC) Rp150.000 – Rp250.000
Di Puskesmas
SIK (Glassionomer) Rp100.000 – Rp150.000
Komposit resin kualitas utama Rp150.000 – Rp250.000
Sandwich system Rp200.000 – Rp350.000

Harga tambal gigi di Puskesmas, rumah sakit dan klinik gigi kurang lebih sama selama material penambal gigi yang digunakan itu sama dan dilakukan dengan prosedur yang sama pula. Kisaran biaya menambal sekitar Rp100.000 hingga Rp 350.000, akan tetapi belum termasuk biaya perawatan bila diperlukan perawatan pendahuluan. Biaya itu tergantung dari bagaimana cara menambal dan bahan untuk menambal.

Pantangan yang Harus Dihindari Sehabis Tambal Gigi

  • Jangan sampai menggigit terlalu keras dan menggigit makan lengket setidaknya selama 2 hari setelah gigi ditambal
  • Hindari untuk memainkan tambalan dengan lidah ataupun dicungkil dengan tusuk gigi
  • Untuk tambalan yang berjenis GIC, hindari makan dan berkumur minimal 1 jam setelah melakukan penambalan. Biasanya dokter akan memperingati hal tersebut, dan pada keesokan harinya, dokter gigi akan melakukan pemolesan pada gigi anda yang ditambal.
  • Jika anda merasa  tidak nyaman, mengganjal, sakit, maka segera kembali ke dokter gigi.

Cara Merawat Tambalan Gigi

  • Sikat gigi 2 kali sehari pada pagi hai dan sebelum tidur
  • Jangan sampai menyikat gigi terlalu keras
  • Selalu kebersihan mulut supaya tidak terbentuk lubang baru

Segera ke dokter gigi jika anda  mempunyai kondisi tambal gigi berikut ini:

  • Berubah warna
  • Jumlah tambalan jadi berkurang
  • Patah
  • Mulai suka terselip makanan
  • Mulai muncul rasa ngilu ketika makan atau minum yang dingin, panas, atau biasa saja

Leave a Comment