Biaya Membersihkan Karang Gigi Di Puskesmas dan Dokter Gigi Juni 2019

Harga Membersihkan Karang Gigi – Karang gigi adalah salah satu gangguan yang sering timbul di bagian gigi manusia. Walaupun tidak berbahaya, namun karang gigi akan membuat gigi menjadi lebih mudah rusak dan lebih mudah terserang sakit gigi. Karang gigi biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk yang seringkali kita lakukan seperti malas untuk sikat gigi ataupun kebiasaan dalam menyikat gigi dengan cara yang salah. Apabila karang gigi sudah timbul, maka anda harus membersihkanya sebelum gigi anda mengalami kerusakan.

Cara Membersihkan Karang Gigi

Untuk dapat membersihkan karang gigi, anda bisa memanfaatkan dua cara yaitu dengan cara membersihkan karang gigi menggunakan bahan-bahan  yang alami (selengkapnya dapat anda lihat disini) atau dengan memanfaatkan bantuan dokter gigi. Dua cara untuk membersihkan karang gigi tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cara membersihkan gigi dengan menggunakan bahan-bahan yang alami akan cenderung lebih murah dibandingkan dengan membersihkan karang gigi ke dokter gigi. Meskipun demikian, cara yang pertama ini cenderung kurang efektif dan memberikan hasil yang tidak maksimal. Karang gigi yang dibersihkan dengan menggunakan bahan-bahan yang alami biasanya tidak akan rontok sempurna ataupun masih tersisa di bagian sela-sela gigi yang sulit dijangkau.

Sedangkan cara membersihkan karang gigi di dokter cenderung akan lebih efektif, cepat dan mudah. Meskipun begitu, seperti yang sudah saya jelaskan diatas, biaya yang diperlukan untuk untuk membersihkan karang gigi di dokter umumnya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan membersihkan karang gigi menggunakan bahan alami sendiri di rumah.

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Dokter Gigi dan Puskesmas

Harga untuk membersihkan karang gigi sangat bervariasi dan berbeda-beda antara dokter satu dengan dokter yang lainnya. Meskipun demikian, apabila dibandingkan dengan membersihkan karang gigi sendiri dirumah (menggunakan bahan-bahan alami), biaya untuk membersihkan karang gigi di dokter jauh lebih mahal. Sebagai informasi untuk anda, rata-rata biaya untuk membersihkan karang gigi yang ditetapkan oleh beberapa klinik dokter gigi yang terdapat di sekitaran jakarta yaitu Rp 300.000 sampai Rp 1000.000 tergantung dari tingkat keparahan karang gigi yang menempel.

Apabila anda ingin membersihkan karang gigi dengan harga yang lebih murah, salah satu pilihan yang dapat anda tempuh yaitu dengan berkunjung ke puskesmas.  Apabila dibandingkan dengan harga membersihkan karang gigi di klinik dokter gigi, tentunya harga membersihkan karang gigi di puskesmas tergolong lebih murah yaitu sekitar Rp 100.000 sampai Rp 500.00.

Mencegah Timbulnya Karang Gigi

1. Sikat gigi minimal dua kali sehari

Cara terbaik untuk mencegah plak adalah dengan rutin sikat gigi setidaknya dua kali sehari. Saat Anda menggosok gigi, Anda membantu menghilangkan sisa makanan dan plak yang terbentuk pada gigi, dan mencegah perkembangan plak yang lebih buruk.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menggosok gigi adalah:

  • Sikat gigi setelah mengkonsumsi makanan/minuman manis
  • Anda tidak dianjurkan untuk sikat gigi 30 menit setelah mengkonsumsi makanan/minuman asam. Asam yang terkandung pada makanan/minuman tersebut dapat melemahkan enamel gigi, dan menggosok gigi terlalu keras dapat menghilangkan enamel gigi. Oleh karena itu, sebaiknya justru sikatlah gigi sebelum makan makanan atau minuman asam.
  • Menggosok atau membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau dental floss, karena sela-sela gigi adalah salah satu tempat berkembangnya plak.
  • Menggosok lidah untuk menghilangkan bakteri dan membuat napas Anda tetap segar.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah bahwa Anda dianjurkan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali, segera bilas sikat gigi dengan air keran setelah digunakan, simpan sikat gigi di tempat terbuka, dan gunakan sikat gigi dengan bulu lembut karena sikat gigi dengan bulu keras dapat merusak enamel gigi.

2. Gunakan obat kumur (mouthwash)

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah plak gigi adalah dengan menggunakan obat kumur. Pastikan Anda membeli obat kumur yang memiliki label  “antibakteri”. Penggunaan obat kumur memudahkan pembersihan plak. Tentu saja Anda tetap perlu untuk menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi dengan flossing.

3. Hindari konsumsi makanan manis, asam, dan bersoda

Semakin manis/asam makanan Anda, semakin banyak bakteri yang harus diatasi. Makanan manis dan asam dapat menyebabkan pembusukan yang memicu terbentuknya plak pada gigi. Namun jika Anda memang pecinta makanan/minuman manis, hal-hal yang perlu Anda ketahui adalah:

  • Jika Anda memakan makanan manis, segera bersihkan mulut Anda dengan meminum banyak air putih.
  • Saat minum minuman ringan bersoda, gunakan sedotan yang diposisikan ke bagian belakang mulut untuk mengurangi dampak konsumsi minuman tersebut. Minuman yang mengandung banyak asam yang dapat menghilangkan enamel gigi.

4. Perbanyak minum air

Minum air yang cukup dapat menjaga mulut Anda terhidrasi, sehingga membuat mulut Anda memproduksi banyak saliva yang dapat membantu membersihkan mulut Anda.  

5. Jangan merokok

Meskipun rokok tidak memberikan dampak langsung terhadap terbentuknya plak gigi, namun merokok dapat memicu perkembangan plak yang lebih buruk. Sebuah studi menunjukkan bahwa merokok dapat menyebabkan gigi menguning, meningkatkan risiko kehilangan gigi, dan penyakit periodontal.

Anda juga sangat dianjurkan untuk pergi ke dokter gigi atau ahli kesehatan mulut setidaknya enam bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan gigi, sehingga dapat mencegah munculnya plak pada gigi yang tidak diinginkan.