Harga Gigi Palsu Lengkap Terbaru Juli 2019

Harga Pasang Gigi Palsu – Mungkin sebagian orang akan membutuhkan gigi palsu untuk dapat memperbaiki penampilan gigi yang kurang menarik ataupun rusak. Apabila anda ingin memasang gigi palsu, sebelumnya anda perlu mengenali berbagai jenis gigi palsu yang dapat digunakan.

Gigi palsu merupakan gigi tiruan, yaitu prostesis yang dapat dilepas  untuk bisa menggantikan gigi yang telah hilang dan dapat mengembalikan senyum serta kemampuan anda untuk makan-makanan tertentu. Selain membuat makan menjadi lebih mudah, gigi palsu juga dapat membantu anda berbicara dengan jelas dan beberapa gigi yang hilang menyediakan dukungan yang sangat berharga untuk otot-otot dan struktur wajah anda.

Gigi palsu akan diletakkan di tempat di mana gigi yang telah hilang, misalnya dengan perekat gigi yang bisa dengan gampang dikeluarkan dari mulut untuk dibersihkan. Selain itu kita juga dapat keluarkan di malam hari sebelum tidur untuk memberi kesempatan pada gusi dan jaringan untuk dapat pulih.

Gigi palsu terdiri dari gigi-gigi tiruan yang umumnya terbuat dari bahan plastik hardweding, namun juga bisa dibuat dari bahan keramin yang berkualitas tinggi. Gigi yang didukung oleh bahan dasar karet memiliki warna akrilik. Gigi-gigi tiruan modern juga dapat dibuat yang bisa menyerupai gigi alami dan telah tersedia dalam berbagai macam bentuk, warna dan ukuran. Gigi palsu akrilik juga mempunyai sejumlah warna yang berbeda untuk membuat penampilan menjadi lebih alami. Gigi palsu secara garis besar terdiri dari dua macam yaitu permanen dan lepasan. Gigi palsu permanen  merupakan gigi yang dipasang secara permanen dan tidak bisa dilepas pasang. Sedangkan gigi palsu lepasan adalah gigi palsu yang tentunya bisa dilepas pasang.

Bagaimana detail dan berapa tarif untuk pasang gigi palsu tersebut? Berikut ini pembahasannya :

Gigi Palsu Permanen
Jenis Kisaran Biaya (Rp)
Implan gigi 5.000.000 – 15.000.000 per gigi
Crown (model mahkota) 1.000.000 – 3.000.000  per gigi
Bridge (model jembatan) Mulai dari 1.000.000 per gigi
Implan Gigi (Gigi Tanam)

merupakan sekrup titanium yang ditanam pada bagian rahang gigi dan berfungsi untuk dapat menggantikan bagian akar gigi. Penanaman dilakukan pada tulang rahang atas ataupun bawah yang memungkinkan dapat tersambungnya gigi pengganti dengan tulang dan dapat dipergunakan untuk menggantikan gigi yang  telah lepas. Tanam gigi ini tidak rentan terhadap pengeroposan namun hal ini dapat menyebabkan masalah pada gusi jika tidak dirawat dengan baik. Seperti halnya gigi yang asli, gigi yang ditanam juga perlu dibersihkan dan dicekkan ke dokter gigi secara rutin. Jika gigi ini dijaga dengan benar, maka kebanyakan bagian sekrup titanium akan dapat bertahan seumur hidup meskipun sarung dan alat-alat yang dibutuhkan untuk tanam gigi harus diganti apabila sudah lama.

Crown (Mahkota)

Dental crown adalah sarung yang berbentuk gigi yang disarungkan ke gigi. Tujuannya adalah untuk mengembalikan bentuk, ukuran, dan kekuatan gigi. Selain itu gigi palsu ini juga bisa mempertahankan fungsi gigi yang rusak. Opsi ini cocok jika gigi Anda telah berlubang dan struktur gigi tidak cukup bila hanya ditambal atau bagian gigi yang retak atau pecah dan tidak dapat diperbaiki dengan teknik composite bonding.

Untuk gigi yang lemah atau yang membutuhkan tambalan yang besar, gigi tiruan mahkota ini bisa melindungi gigi dari keretakan yang lebih parah. Gigi tiruan mahkota juga biasa dipakai untuk gigi belakang karena proses mengunyah dengan tekanan tinggi.

Bridge (Model jembatan)

Gigi tiruan jembatan ini berfungsi menghubungkan gigi dengan gigi sebelahnya dan untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang telah lepas. Gigi tiruan ini disebut pontic dan digabungkan dengan 2 mahkota gigi yang ada di sebelahnya.

Gigi Palsu Lepasan
Jenis Biaya Kisaran (Rp)
Porslen Akrilik Mulai 100.000 per gigi
Fleksi denture / valplast Mulai 750.000 per gigi
Frame Mulai 1.000.000 per gigi
Gigi Palsu Porselen Akrilik

Gigi palsu ini merupakan yang paling banyak beredar di masyarakat. Alasannya karena harga gigi palsu ini murah. Plat gigi yang dipakai relatif tebal dan mempunyai cengkeram kawat untuk mengaitkan ke gigi lain yang masih ada.

Jenis gigi palsu ini memiliki pelat yang lebih tipis, lentur dan tidak memakai kawat pencengkeram. Dengan begitu gigi palsu ini lebih nyaman saat digunakan dibandingkan dengan bahan akrilik.

Gigi Palsu Frame

Gigi palsu model ini mempunyai plat logam yang dibuat setipis mungkin dan lebih tipis dibandingkan dengan gigi lepasan lainnya. Gigi palsu ini juga memiliki kawat yang mencengkeram gigi asli yang masih tinggal. Dengan begitu gigi palsu lepasan menjadi lebih stabil dan tidak mudah goyah.

Cara Merawat Gigi Palsu Anda dengan Benar

Sama halnya dengan gigi asli, gigi palsu juga harus dirawat supaya tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan mulut anda seperti bau mulut, sariawan, penyakit gusi,kerusakan gigi, dan infeksi mulut.

Supaya hal tersebut tak terjadi, berikut ini adalah tips merawat gigi palsu Anda:

  • Rendam semalaman. Gigi palsu yang tidak dipasang di mulut harus direndam dalam cairan khusus atau bisa juga dalam air hangat. Jangan sampai direndam di air panas karena nanti akan mengubah bentuknya. Umumnya gigi direndam saat malam hari ketika anda sedang tidak menggunakan gigi palsu.
  • Bersihkan gigi palsu. Setelah anda rendam selama semalaman, maka anda harus mencucinya terlebih dulu sebelum dipasang pada mulut. Disarankan juga untuk mencuci gigi palsu setelah makan supaya tidak terjadi penumpukan makanan. Cara membersihkan gigi palsu adalah dengan menggosok gosok gigi palsu menggunakan sikat gigi yang berbulu halus. Kemudian olesi gigi palsu dengan sabun dan air hangat. Hindari untuk mencucinya menggunakan pasta gigi atau deterjen karena zat ini bersifat mengikis permukaan gigi palsu.
  • Hati-hati memegangnya. Apabila terlepas dari pegangan Anda, terutama ketika mencucinya,maka gigi palsu akan mudah pecah. Nah untuk mengantisipasinya, anda bisa melapisi meja dengan handuk atau mencucinya dalam wadah berisi air.

Leave a Comment